Selasa, 07 April 2009

Session 2, Chapter 3 & 4

Question:

Create a summary guide for a small retailer company about the stages that are necessary in the creation of a web site and the management issues involved.

Answer:

Beberapa arahan yang menurut saya penting untuk diketahui dan di analisa untuk membuat suatu website dari perusahaan retail kecil.

Disini saya mengambil contoh perusahaan aksesoris yang belum memiliki website untuk memperkenalkan produk-produknya dan memasarkannya di dunia maya.

Beberapa panduan yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Tahap 1, Penetapan Business Plan

Dalam pembuatan website harus menetapkan produk, pangsa pasar, perilaku pasar (consumer behaviour), agar website yang akan dirancang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tidak melenceng dari business plan yang sudah ada.

Jenis produk yang akan ditawarkan adalah berbagai macam aksesoris mulai dari kalung, gelang, cincin, anting, bros, tiara, dll.

Pangsa pasar yang akan dilirik adalah perempuan kaum remaja anak muda hingga wanita dewasa yang demand akan aksesoris ini sangat tinggi untuk menunjang penampilannya.

Perilaku pasar disini adalah, bagaimana kecenderungan pangsa pasar tadi untuk mengakses website perusahaan. Apakah mobile di handphone melalui Blackberry contohnya, ataupun menggunakan Personal Computer seperti biasa (untuk menentukan format website, agar dapat diakses dimana saja dan kapan saja).

  • Tahap 2, Kerjasama dengan Web Consultan

Disini dimaksud, bahwa Web consultan dapat membantu perusahaan retail kecil untuk mengimplementasi kan website tersebut. Dibutuhkan jasa ini karena pada umumnya perusahaan retail kecil sangat awam mengenai pembangunan dari website.

  • Tahap 3, Menetapkan software website, nama domain dan hosting

  • Tahap 4, Mempublikasikan website

Bagimana cara penyampaian, pengenalan dan pendekatan website kepada pangsa pasar yang telah diteapkan, dapat dijelaskan bahwa:

Bagaimana cara konsumen tahu akan keberadaan dari website yang akan dikeluarkan ini. Salah satu nya cara adalah dengan masuk ke dalam situs petemanan (contohnya, Facebook, Friendster, dll). Karena pada masa kini, mayoritas kaum remaja anak muda hingga wanita dewasa memiliki situs pertemanan ini, tentu saja ini dapat membantu sebagai media penyampaian, pengenalan dan pendekatan website.

  • Tahap 5, Pendekatan konsumen

Melakukan polling, bagaimana cara pembayaran yang konsumen sukai agar dapat tersedia (contohnya, tunai, transfer, credit card, dll)

Menentukan bagaimana pengiriman barang sampat kepada tangan konsumen (contohnya, store, paket, dll)

  • Tahap 6, Maintain website

Menjaga maintain web dan kepuasan pelanggan (Customer satisfaction) sangat penting untuk dilakukan karena untuk menjaga hubungan baik dan kepercayaan dari pihak konsumen terhadap website kita yang sangat berkaitan erat dengan produk yang ditawarkan.

Main of Managerial Issues:

Hal utama yang harus diperhatikan

Penjelasan

Tipe bisnis yang seperti apa yang akan dikembangkan?

Purchasing online, CRM

Teknologi apa yang digunakan?

Email, web-based order, EDI

Bagaimana cara mendapatkan kualitas servis yang baik dalam aplikasi?

Real-time update informasi, kecepatan akses, keamanan website

Dimana mempublikasikan aplikasi?

Hosting publik

Suport akses Flatform yang digunakan?

Mobile access

Standard teknologi yang digunakan?

Macromedia (desain dan pemrograman)

My SQL (database)

Apache (Web server)

Bagaimana mengatur content dan kualitas dari data yang ditampilkan?

Maintain setiap saat

Bagaimana mengatur akses karyawan ke

website?

Memberikan user dan password kepada para karyawan

Bagaimana menjaga keamanan data?

Enkripsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar